Senin, 08 Oktober 2012

ARTI GERAKAN PRAMUKA


Pramuka merupakan  singkatan dari Praja Muda Karana.
·           Praja adalah rakyat atau Warga Negara.
·           Muda adalah usia 6-21  tahun.
·           Karana, berasal dari kata sangsekerta yang  artinya pembuatan, penghasilan..., yang harus diartikan kesanggupan dan kemampuan berkarya serta membangun masyarakat adil dan makmur yang  diridhohi Tuhan.

Gerakan Pramuka adalah suatu gerakan  yang diorganisasikan, artinya gerakan terpimpin, teratur, dan  mempunyai tata tertib. G.P mempunyai tujuan serta tanggung  jawab, penggerak obyek yang dilaksanakan tertentu. Gerakan berarti semua usahanya wajib digerakkan anggotanya yang wajib  pula bergerak terus-menerus, baik instruksi dari pimpinan maupun atas prakarsa dan daya cipta serta dengan swadaya dalam batas-batas  pengaturan.
Pendidikan G.P adalah suatu gerakan pendidikan seluruh wadah dan isinya maupun segenap usaha dan hasil-hasilnya, wajib diukur dengan norma pendidikan dan hanya digunakan untuk ,tujuan /pendidikan.
Kepanduan, mempunyai arti dan makna tetentu dalam dunia kepanduan nasional Indonesia yang senantiasa ikut memberikan Dharma baktinya serta pembinaan dan penegakkan Negara Kesatuan RI dan dunia Pendidikan.

Siaga, dibentuk pada tanggal 20 Mei 1908 bersamaan terbentuknya organisasi “Budi Utomo”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar